Cobaan RUM lagi, saatnya Demam dan Roseola

13 01 2010

Hari Jum’at minggu lalu, siang hari pas ditinggal pergi interview di Pulo Gadung, Lana badannya anget.

Tapi si mba dan mama ga langsung kasitau gua.

Gua baru dikasitau pas lagi bermacet-macet ria sama Kak Ina pulang dari bazaar di blok S

Aseli malem itu macetnya bener-bener stuck ga jalan.

Pas dikasi tau Lana anget 38 derajat, tadinya gua bilang dikasih asupan cairan yang banyak aja.

Ndilalahnya, susu UHTnya habis, hadoohhh, gua teledor banget ga merhatiin persediaan susu Lana *getokkepalasendiri😦

Yang ada Cuma susu ultra coklat, yasudah kasi aja deh Ma, gapapa daripada dehidrasi

Malem itu ditengah kemacetan dan hujan, ko rasanya gua jadi orang buta, aseli nyetir ngeraba-raba banget, emang kebetulan gelap banget dan gua mulai panik karna dah hampir jam 9 hiks…

Sampe rumah bener, Lana digendong keliatan lemes banget

Hadoh, langsung deh feeling guilty gua…

Nyesel pake mampir ke bazaar blok S segala abis dari Pulo Gadung

(tapi tetep naluri shopping geblegh masih penasaran sama long sleeves shirt Baby Gap yang ga jadi dibeli, biar bisa pasangan sama tartan mini skirt ungunya ihhhh *maapyaLanafarra, ampun…)

Langsung dihajar nyusu terus, abis bersih-bersih, ga pake makan, langsung sampe pagi gua susuin Lana

Dikasi UHT ga mau😦

Froyo ga mau

Yogurt plain dingin ga mau

Tapi air putih masih mau

Kalo diliat kayaknya di rahang bawahnya ada 2 gigi yang baru pecah gusi, ya semoga ini demamnya Cuma karena teething aja

Sabtu pagi langsung dimandiin berendem aer anget,

Lumayan panasnya turun sampe 38an, Lananya juga mulai ceria lagi, walo ga mau makan

Trus lucunya dia bisa nyalain sendiri termometer digitalnya

Cuma masuk sekotak buavita mini, roti tawar 1/4 , puding yogurt nanas 1 cup, sama rambutan dipotong-potong

Mule sore panasnya naik lagi, abis maghrib diukur 39,4, subhanallah

Akhirnya gua kasi tempra, trus nyusu lagi, sampe akhirnya ketiduran sebentar

Jam 10 malem kebangun lagi, diukur suhunya cenderung naik, sampe 40.2 kalo ga salah

Duh😥

Jam 00.30-an dikasi tempra lagi 1.2ml, tunggu biasanya sekitar sejam-an suhunya turun ini engga

Mati dah gua, sakit apa ini anak, panik banget

Sambil bbm-an sama emak-emak, pada bilang suruh dikompres air hangat

Coba juga deh dikompres walo susah banget

Yang di jidat dibuang terus sama Lana, diketek juga, diselangkangan aja yang bertahan karna dia ngantuk-ngantuk sambil nyusu

Ada sekitar 1 jam-an Lana dikompres, tapi suhunya ga turun signifikan

Hadeehhh…

Minggu pagi, mule search ini anak mau dibawa ke dokter mana

Inget markas sehat masih tutup sedih dah, jadi kelimpungan nyari dokter yang RUM

Karna nanti hari Senin kan gua mesti kerja, jadi kalo panas pas gua lagi di kantor gimana…

Mana kantor ga tanggung-tanggung letaknya di ujung berung hiks

Akhirnya udah diputusin mau ke KMC (Kemang Medical Care) eh tapi yang ada cuma dokter jaga di IGD ajah, coba telpon ke Hermina Jatinegara, ada dokter di poli anak Cuma sampe jam 12

Yasudah Lananya diajak mandi berendem lagi

Trus dipakein baju sama Ayah Bunda siap-siap

Ya pagi itu ga ada makanan masuk kecuali buavita mini dan biskuit marie segigit😦

Sempat bbman sama mba Sari Kailaku, bundanya Deyka yang aktif di AIMI, katanya kan demam belum 72 jam, berani ga aku observasi lagi, ehhmm gimana ya…bingung

Ini percakapanku sama bunda Deyka

sari.kaylaku: Tp aku ga bs blg apa2 lg, yg observasi kan Mbak Mirta. Jd Mbak Mirta yg plg tau gmn
♏ïЯ♈α: Tapi takut seharian ini spt kemarin panas tinggi terus. Kalo ada aku pasti aku kasi minum terus, ukur suhu terus.
♏ïЯ♈α: Ke dokter pun aku cuma cari ketenangan. Hiks…
sari.kaylaku: Bismillah, tarik napas, ngobrol pelan2 sama suami, diskusi, br ambil keputusan ya Mbak. Ntar klo jd ke dokter, jgn lupa jgn mau dikasih diagnosis yg aneh2
♏ïЯ♈α: Iya deh. Aku ke dokter juga lbh ingin konsulnya mba. Biar ada judgement yg sama ngeliat kondisi Lana
sari.kaylaku: Fokus ke pertanyaan: apa penyebabnya (virus/bakteri), diagnosis bhs medis, treatment sesuai diagnosis
♏ïЯ♈α: Okeh
sari.kaylaku: Sayang markas sehat tutup ya
♏ïЯ♈α: Ga perlu periksa lab ya?
sari.kaylaku: Pdh biasanya buka lo hr minggu pagi
♏ïЯ♈α: Iya sampe kapan siy tutupnya
sari.kaylaku: Periksa lab percuma sblum 72jam
♏ïЯ♈α: Aku jg biasanya kesana
sari.kaylaku: Kecuali tes urin. Ga tau
♏ïЯ♈α: Thanks a lot ya mba. Doain ya hanya virus aja. Dan kekebalan tubuh lana bisa ngelawannya. Oya 1 lagi untuk kompres semacam plester bye² fever ngaruh ga?
sari.kaylaku: Oh jgn, plester kan dingin, ga boleh. Hrs kompres anget. Berendem anget lbh efektif. Goodluck ya Mbak
♏ïЯ♈α: PING!!!
♏ïЯ♈α: Bun
♏ïЯ♈α: Abis berendem lana lumayan seger. Udah mau makan walo harus digendong jalan² keluar rumah. Kuobservasi siang sampe sore ini deh. Semoga ga panas lagi. Thanks sudah menguatkan🙂
sari.kaylaku: Alhamdulillah. Amin. Mumpung mau mkn kasih aja byk2 yg bgizi hehe. Klo udh sembuh share lg ya di twitter/fb/milis. Biar pd ikut belajar. Kiss kiss buat lana

Alhamdulillah diliat sejam setelah mandi diliat ko Lana udah seger banget, jalan-jalan kesana kemari, walo tetep belom mau makan, sampe siang juga ga ada tuh demam lagi, diukur suhunya 37.5-37.6

Alhamdulillah

Jadinya ga berangkat ke KMC deh

Sambil terus diobservasi, berdoa sama Allah semoga ga panas lagi deh, amin

Ehhh, kemaren sore pulang kantor merhatiin, ko di pipi, tangan dan leher Lana kayak ada rash gitu ya, coba buka bajunya liat dibadannya juga

O_o ini toh roseola…

Eh apa campak ya…

Karena ditandai dengan demam tinggi, asumsi gua langsung campak ato roseola

Langsung buka buku Q&A Smart Parents for Healthy Children-nya dr. Purnamawati, yak benarrr itu roseola😉

Loh koq senyum, hehe gua seneng ajah bisa berlaku tenang dan tetap rasional ngadepin ujian roseola kali ini, dan yang pasti roseola ini hanya karna virus, diharapin kekebalan tubuh Lana akan melawannya

Ayo nak dilawan virusnya, hussh…hussh pergi kau virus jahat😦

Yak diweb sehat dibilang begini tentang roseola

Roseola Infantum
adalah suatu penyakit virus menular pada bayi atau anak-anak yang sangat muda, yang menyebabkan ruam dan demam tinggi.
Roseola biasanya menyerang anak yang berumur 6 bulan – 3 tahun.

Penyebab
Penyebabnya adalah virus herpes tipe 6 dan 7.
Virus disebarkan melalui percikan ludah penderita.

Masa inkubasi (masa dari mulai terinfeksi sampai timbulnya gejala) adalah sekitar 5-15 hari.
Biasanya penyakit ini berlangsung selama 1 minggu.

Gejala
Demam timbul secara tiba-tiba, mencapai 39,4-40,6° Celsius dan berlangsung selama 3-5 hari. Meskipun demam tinggi, tetapi anak tetap sadar dan aktif.
Pada saat suhu tubuh mulai tinggi, 5-10% penderita mengalami kejang demam (kejang akibat demam tinggi).

Bisa terjadi pembengkakan kelenjar getah bening di belakang kepala, leher sebelah samping dan di belakang telinga. Limpa juga agak membesar. Pada hari keempat, demam biasanya mulai turun.

Sekitar 30% anak memiliki ruam (kemerahan di kulit), yang mendatar maupun menonjol, terutama di dada dan perut dan kadang menyebar ke wajah, lengan dan tungkai. Ruam ini tidak menimbulkan rasa gatal dan berlangsung selama beberapa jam sampai 2 hari.

Diagnosis
Diagnosis ditegakkan berdasarkan gejala dan hasil pemeriksaan fisik.

Pengobatan
Untuk menurunkan demam, bisa diberikan asetaminofen. Kepada anak-anak tidak boleh diberikan aspirin karena bisa menyebabkan sindroma Reye.
Sebaiknya anak dikompres dengan menggunakan handuk atau lap yang telah dibasahi dengan air hangat (suam-suam kuku). Jangan menggunakan es batu, air dingin, alkohol maupun kipas angin.

Usahakan agar anak minum banyak air putih atau potongan-potongan es batu, larutan elektrolit atau kaldu. Selama demam, sebaiknya anak menjalani tirah baring.


Actions

Information

2 responses

18 01 2010
Bundanya Dita

Alhamdulillah.. Lana sudah sehat. Hebat nih bisa berpikir tenang dan rasional… Saya kadang kalau belum tahu ya panik…makanya emang kita harus banyak baca ya Bun😀 . Thanks sharingnya🙂

28 01 2010
lanaline

Iya niy BunDit, itu udah time-crisis banget, udah siap hengkang ke RS maksutnya, abis panasnya lumayan tinggi euy…Alhamdulillah lewat lagi satu ujian RUM🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: