Susu UHT atau Pasteurisasi?

28 10 2009

Kemaren pas pulang kantor Bunda dikasi tau Lana badannya aga anget. Dicek pake termometer panasnya 38.6 Kasi parasetamol ga ya, ah tapi masih ceria-ceria aja tuh, cuma makannya sdikit. Mungkin mau tumbuh gigi soalnya keliatan ludahnya ngeces muluūüėČ Dari siang paling banyak masuk pepaya sama semangka, tapi cornflakes ato weet-bix sama susu UHT masih mau. Akhirnya kemaren resmilah Lana dapet tambahan susu UHT sebotol selama siang saat Bunda kerja.¬†Uhh kenapa Bunda ngrasa aga mellow ya… Rasanya sedih Bunda udah ga bisa menuhin kebutuhan ASIP Lana lagi huuuūüė•

Emang akhir-akhir ini produksi ASI bunda agak jauh berkurang. Hasil pompaan fluktuatif banget. Terutama PD kiri sekarang hasilnya dikiiit bangetūüė¶ Apa karna kebiasaan nyusuin sambil tiduran menghadap ke kanan ya? PD kanan alhamdulillah masih baik produksinya. Jadwal pumping juga berantakan. Kadang pagi sebelum berangkat ga mompa, kadang sampe rumah pulang kantor ga mompa, ah akibat godaan kemalasan dan ga disiplin niiy jadi giniūüė¶

Dari setelah ultah Lana udah dikenalin sama susu UHT plain-nya U*tra 100ml. Kalo wiken jalan-jalan juga Bunda slalu bawa yang kemasan 250ml walo jarang kepake, tetep Lana milih dari pabriknya langsung hihi… Udah sering juga campurin UHT ke makanannya, buat bikin puding, campuran sarapan pake cornflake dan sekarang dah mulai suka kayaknya. Selama siang Bunda tinggal kerja, ASIP yang diminum antara 250-350ml. Gapapa deh ditambah susu UHT 100-150ml mungkin kadang kangen nyusu banyak-banyak ya *menghibur diri

Memang untuk anak usia diatas 1 tahun kan susu bukan kebutuhan nutrisi utama lagi, karena susu hanya untuk memenuhi kebutuhan kalsiumnya aja. Dan setelah 1 tahun kan udah bisa dikenalin susu tambahan atau susu perkembangan kek UHT ato pasteurisasi ato susu bubuk. Nah¬†saat ini keknya bunda lebih sreg milih susu UHT deh untuk tambahan. Mikirnya siy kan susu¬†bentuk aslinya berupa cairan (baik susu manusia, sapi, kambing ato bahkan onta huehehe, blom pernah denger susu bubuk dihasilkan oleh siapa ato binatang apaūüėČ )¬†Kalo dipikir sama orang awam bukankah lebih baik memilih yang paling dekat bentuknya dengan bentuk aslina. Karna ASI bunda cair yah yang mendekati cair bunda pilih UHT dech, huahahahaha itu mah cair juga bunnnnnūüėÄ *kaburrr

uhtSetelah dibanding-bandingkan dari hasil googling, diketahui untuk proses pengolahan susu sapi segar dengan proses sterilisasi UHT (Ultra High Temperature) yaitu dipanasin dengan suhu tinggi 140 derajat Celcius dalam waktu yang sangat cepat (sekitar 4 detik) untuk mematikan bakteri. Proses ini untuk membunuh semua bakteri baik yang patogen maupun bakteri baik. Proses pemanasan secara cepat ini untuk meminimalkan susu kehilangan zat gizi dan kesegarannya. Kemudian dipak dengan menggunakan teknologi aseptik. Kemasan susu UHT yang belum dibuka bisa tahan disimpan sampe 10 bulanan dalam suhu ruang tanpa dimasukkan ke kulkas. Jika sudah dibuka, masih dapat dikonsumsi sampai 7 hari kemudian dengan disimpan dan ditutup rapat di kulkas dengan suhu 4 derajat celcius.

 

pasteurizedSedang pasteurisasi adalah proses pemanasan pada suhu dibawah 100C dan dalam jangka waktu tertentu dapat mematikan sebagian mikroba susu. Selain untuk membunuh mikroba pembawa penyakit (pathogen) seperti bakteri, proses pasteurisasi dilanjutkan dengan pendinginan segera akan menghambat pertumbuhan mikroba yang tahan suhu pasteurisasi sehingga dapat mengurangi kerusakan zat gizi serta memperbaiki daya simpan susu segar. Daya simpan susu pasteurisasi dalam suhu ruang bisa bertahan 1-2 hari, jika disimpan pada suhu lebih rendah atau di pendingin bisa sekitar seminggu.

Untuk ngebedain kemasan susu pasteurisasi (supas) dan susu UHT, kalo supas biasanya kotaknya berbentuk seperti atap rumah, kalo susu UHT berbentuk kotak biasa seperti foto dari gugel diatas.

Nah dibawah ini proses pembuatan susu bubuk. Prosesnya lumayan panjang, untuk lebih jelasnya bisa baca di sini. 

Prinsipnya pembuatan susu bubuk untuk mengurangi kadar air pada susu sampai batas tertentu agar daya simpan susu ini jadi lebih lama dan menghambat pertumbuhan organisme. Jalurnya antara lain standarisasi, pasteurisasi dan separasi (untuk memisahkan cream dan skim susu serta kotoran yang terkandung dalam susu). Kemudian akan dilakukan proses pengentalan (evaporasi) dan pencampuran semua bahan baku (susu hasil proses evaporasi) dan bahan tambahan. Proses selanjutnya homogenisasi (untuk menstabilkan sistem emulsi lemak susu), dilanjutkan dengan proses pengeringan sehingga terjadi perubahan bentuk susu dari bentuk cair ke bubuk.

Jadi yang Bunda simpulkan, berbagai macam proses diatas tujuannya adalah untuk mengawetkan¬†susu cair¬†untuk memperpanjang masa¬† simpannya.¬† Karena pas baca di blog mama Raikhal ¬†ketauan Susu termasuk jenis makanan yang perishable alias mudah rusak.¬† Karna¬†kandungan zat gizinya¬†tinggi dan lengkap¬†bisa¬†jadi¬†medium yang sangat baik untuk¬†pertumbuhan mikroorganisme.¬†¬†Menurutku lagi, proses¬†UHT dan pasteurisasi kan hanya proses¬†pemanasan tidak pakai¬†zat pengawet, jadi¬† susu cair dengan proses pengawetan tersebut¬†masih termasuk segar karna tidak melewati proses panjang berbelit-belit, masih¬†‚Äėfresh‚Äô gitu termasuk giji eh gizinya :wink:¬†¬†Kalo dipikir sama pikiran awam, rasanya kalo melihat rantai proses susu cair menjadi susu bubuk yang panjang pisan, rasanya kandungan gizinya mungkin begini ya: susu cair segar > supas > susu UHT > susu bubuk, begitu bukan yak, ga¬† ngarti juga¬†deh bahasan ilmiahnya hihi… Makanya¬†biar bisa sama kek default-nya¬†kandungan¬†gizi¬†susu cair segar, di susu bubuk sering¬†ditambahin dengan bahan-bahan lain, kek vitamin, DHA, de el el.

Yah itu mah pikiran cetek aku ajah, mungkin harus lebih banyak brosing niy, biar makin canggih mikirnya. Namanya kan juga emak-emak kan pengen yang terbaik untuk anak, makanya harus rajin belajar, brosing, tanya emak-emak yang dah pengalaman, ikut seminar *halahūüėČ Ini baru susu aja, apalagi world of parenting yang ga akan ada habisnya fiuhh . Yeaa that’s rite, welcome to the university of lifeūüėÄ

*Brosing lagi notel agen susu UHT U*tra daerah Klender, mo order susu plain buat Lanafarra, susu stroberi buat Ayah, susu mocca buat Bunda, ahhh ini mah namanya pemborosan grrrhhūüėČ


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: