Gempa

10 10 2009

Akhir-akhir ini beberapa wilayah Indonesia sering banget terkena gempa. Yang lumayan dan bikin aku sedih gempa akhir September lalu yang berpusat di daerah Pariaman yang sebelumnya kata BMKG 7,6SR diralat jadi 7,9SR. Subhanallah…

(sumber: Kompas)

gempa-padang-faktadandata-kompascom

Pas kejadian gempa itu, susah banget ngubungin Odang Mis, kakak perempuannya Papa yang tinggal di daerah Parak Kopi, Sawahan, Padang. Padang kan lumayan deket tu ma Pariaman. Kalo kampung Mama, Payakumbuh agak jauh dari Padang, sekitar 3 jam perjalanan ke utara. Kampungnya Papa di Solok juga sekitar 3 jam perjalanan dari Padang ke arah Selatan, tapi ada kakak sama adek Papa yang tinggal di kota Padang. Sepupu-sepupu yang biasa suka chitchat di YM! ato updet status FB juga ga bisa dikontak. MasyaAllah…

Jadi berpikir keselamatan saat gempa, kalo di kantor istilahnya emergency response preparedness, khususnya buat orang rumah. Soalnya waktu gempa di Tasik beberapa waktu sebelum gempa Sumbar, kebetulan pas aku lagi dirumah. Setelah ngerasain gempa, kita, waktu itu ada PapaMama, Uwo, Yayuk, sama Lana masih didalem rumah aja. Pas kerasa aga kenceng baru pada keluar. Duh padahal pas nonton TV efek gempa tadi dahsyat banget. Banyak bangunan rubuh dan orang-orang yang jadi korban😦

Katanya saat gempa di Padang, saking kencengnya guncangan gempa kolam ikan di rumah Odang aernya tumpah semua hiii kebayang deh kerasnya gempa, subhanallah… Malem itu akhirnya bisa ngubungin odang tengah malem ngabarin semua keluarga alhamdulillah selamat, walopun isi rumah porak poranda😦 Kata Odang, saat gempa itu tanah keliatan kebelah trus nutup lagi, begitu berulang kali kek kebuka ketutup kebuka ketutup😯 Lemari baju kek meletus isinya keluar semua. Lemari pajangan juga isinya kelempar dan ancur. Mobil Pak Odang di garasi meluncur keluar pager, duh… Malam itu mereka tidur dimobil diluar rumah. Masih trauma takut ada gempa susulan. Higs😥 sedih banget. Sepupuku yang lagi residen obsgyn di RS M Djamil, kost-kost-annya ambruk. Pokonya kalo liat berita gempa Sumbar di TV sedih banget😥

Terpikir gimana kalo misalnya terjadi gempa besar dan aku sedang berjauhan dengan orang-orang yang kusayang, ya Allah lindungi kami *berdoa

Sekarang kalo malem mo bobo, lampu kamar dah diredupin, suka merhatiin ini tembok gede kamar kalo gempa terjadi waktu kita tidur bisa aja nimpa kita kaannn, naudzubillahi min ‘dzaalik. jadi mikir bagian mana yang bisa melindungi kita saat gempa, kan katanya bisa berlindung di bawah meja yang keras ato apa gitu, pas gempa berenti baru keluar rumah. Ahhh apa prosedur-prosedur tanggap darurat gitu bisa gua lakukan saat benar terjadi, ya Allah hanya kepadamu aku memohon perlindungan. Lindungilah kami, lindungilah aku dan keluargaku, amin!

PS. Ada orang yang mengkaitkan waktu terjadinya gempa dengan ayat yang ada di Al-Qur’an, dan memang isinya adalah peringatan dari Allah bagi kita hambaNya didunia untuk selalu mengingat Allah SWT. Ya Allah, betapa jauhnya aku dari-Mu selama ini😥


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: