Pernahkah kau merasa…hatimu hampa?

5 08 2009

Lagi-lagi mengunjugi blog ini, daku tersentil…Ah apa karena dekat bulan Ramadhan jadi religius gini, duh naudzubillahi min dzalik, Ya Allah aku takut sekali jauh dariMu…😥

Katanya ada 7 menu PAHE yang kalo sepaket PAHE ini terus kita jalani, insya Allah…ga bakal ngerasain seperti yang dirasain si purple hehe🙂 Coba juga ahhh…

Terinspirasi dari sebuah lagu yang nggak sengaja lewat di kuping, “pernahkah kau merasa …hatimu hampa??” oleh sebuah grup band Indonesia

“YA”, dalam hatiku. Hampa banget deh  ketika sholat wajib udah mulai telat-telat waktunya, ketika sholat malam kebablasan, ketika sholat dhuha-nya terkalahkan oleh aktivitas, ketika satu hari nggak bercengkrama dengan Al-Qur’an, dan masih banyak lagi yang bikin hati ini hampa…

Ibarat mobil yang perlu minum BBM biar terus jalan, perlu oli biar mesinnya jalannya tokcer, perlu sesekali dicuci biar kotoran-kotoran yang menempel di badan mobil dan kaca hilang dan kembali bersih … Maka diri kita pun tidak jauh berbeda dengan layaknya mobil yang perlu di-maintenance … biar nggak kotor, bau, jamur, dll …

Layaknya mobil, hati juga perlu lho… Nih, Islam menawarkan PAHE – PAKET HATI BERSIH”, kalo bisa sih semua dijalanin, sepaket gitu lho … biar muanteb pula hasilnya, PAHE ini terdiri dari beberapa menu berikut:

  1. Sholat Wajib-nya diusahakan sebisa mungkin di awal waktu, berjamaah, syukur2 bisa menunggu waktu sholat di masjid, sip banget tuh … tau nggak, “Jika dia masuk masjid, dia dianggap seperti orang yang sholat selama dia menanti sholat. Malaikat bershalawat kepadanya selama dia berada di tempat sholatnya, ‘Ya Allah ampunilah dia, ya Allah kasihanilah dia, selama dia tidak berbuat aniaya dan berhadats”  (HR.Muttafaq ‘Alaihi)
  2. Sholat Sunnahnya, coba dicek … Sholat malam and Sholat Dhuhanya, kelewatan nggak … dijamin deh, kalo udah sholat malam dan sholat dhuha, ditambah sholat sunnah rawatib  … hari-hari kita kan terasa lapang, nggak hampa lagi …jaminan mutu 101 % , bagaimana nggak lapang, kalo tiap malem kita curhat abis-abisan kepada Allah, nangis sampai berliter2 … minta sepuas-puasnya,  kalo sholat dhuha … insha Allah bikin rezeki kita lebih barokah lho… terus…terus, terus terus !! terusin aja sendiri… maksudnya, jalanin dulu, baru tahu khasiatnya
  3. Tilawah Al-Qur’an , kalopun satu hari cuman 1 halaman, itu udah bagus kok, apalagi kalo ditambah baca arti dan dipahami makna-makna yang terkandung dalam ayat-ayat suci itu … bikin segerrrr men… seger bin sejuk bin adem lho .. belum lagi ada bonus nya lho .. kalo 1 huruf dilipatgandakan 10x kebaikannya, bagaimana kalo 1 halaman, apalagi 1 juz tiap hari ….
  4. Sedekah, nggak usah muluk2 harus ribuan ato puluhan ribu, kalopun Anda bersedekah 500 perak, tapi istiqomah , itu insha Allah lebih disukai oleh Allah. coba sediakan kotak amal kecil2 di rumah/ kamar, setiap hari, entah 500 ato seribu , ato sesekali 10.000 ribu, masukkan aja di kotak amal itu, nah, kalo udah 1 bulan ato 2 bulan … coba deh, diitung, terus cari kotak amal di masjid ato ke panti asuhan terdekat, masukin ato sumbangin ke siapapun yang bener2 membutuhkan … yakin deh. .. bikin hati mu bakalan terasa plong ...and nggak usah dipikirin terus jumlahnya, penting ikhlasin aja .. Allah nanti yang akan mbalas kok … dan JANGAN TAKUT MISKIN DENGAN BERSEDEKAH … TAKUTLAH JADI KAYA DENGAN BERSEDEKAH ….
  5. Dzikiringet Allah, hati yang berdzikir, lisan yang basah karena dzikir, dan jasad yang berhiaskan akhlak yang baik juga termasuk dzikir … yaitu selalu menggunakan apa yang ada dalam diri kita untuk tetep inget pada Allah ‘Azza Wa Jalla, wherever kalo bahasa kampung… , “Dan ingatlah, dengan mengingat Allah , dapat menentramkan hati” (Ar-Ra’d : 28)
  6. Puasa, ada puasa sunnah senin kamis, daud, pertengahan bulan, dan masih banyak lagi fasilitas-fasilitas yang Allah sediakan untuk membersihkan kerak-kerak yang ada di hati kita … dengan menahan lapar, dengan merasakan apa yang dirasakan oleh saudara2 kita yang sedang kelaparan … Sehat lahir batin, itu udah diuji lho oleh dokter, lokal maupun interlokal …. puasa itu bikin sehat !!! dijamin deh
  7. Menjalin Ukhuwah dan Silaturrahim, ukhuwah itu bikin hati yang sedang gelisah jadi lebih terhibur, teringat akan canda tawa, tausiyah penyejuk hati seorang kawan seperjuangan, terngiang pengalaman rihlah bersama, itu bikin hati yang sedang lesu jadi tambah semangat lagi … bener nggak ?? Di sisi lain, orang yang menjalin dan menghubungkan tali sillaturrahim itu, dapet banyak reward dari Allah, salah satunya, umur nya barokah, dan juga harta yang barokah juga …

Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: