Senangnya, Lana jadi sarjana ASIX

2 02 2009
Congrats...Lana Sarjana ASI

Congrats...Lana Sarjana ASI

Senangnya aku…

Ga terasa perjuangan beratku untuk ngasi hak anakku Zara Aisha Lanafarra menikmati tetesan-tetesan paling berharga untuk bekal awal hidupnya akhirnya berlalu… Alhamdulillah.

Seneng banget bisa curhat lagi. Dah lama banget ga pernah utak-utik blog, bahkan e-mail digest dari milis-milis di inbox tak tersentuh. Hiks… Dah 2 bulan terakhir aku sibuk banget di kantor. Bahkan di saat mempersiapkan MPASI-nya, banyak banget pertanyaan mampir di otak yang pengen di-share sama rekan di milis harus dipending. Untung masih ada Mom Aditia yang setia balesin pertanyaan tentang MPASIku yang segambreng🙂 … saking sibuknya semua peralatan MPASInya udah lengkap tepung berasnya blom beli, halah… Untung (lagi) masih ada sample tepung gasol pas ikut KE MPASI Dasar dari AIMI😉

Pas wiken kemarin, aku antusias banget pengen nyuapin Lana bubur beras merah+ASIPnya yang pertama. Walo masak bubur susunya masih oon banget, secara ga pernah nyentuh dapur, ampir gosong tu bubur hehe

Pas semua dah ready (termasuk fotografer dadakan), siap deh nyuapin Lana. Sendokan pertama keliatan banget ekspresi muka Lana aneh, apaan niy ya… Sendokkan berikutnya sukses dikeluarin lagi hehe, kebuang deh mangkok pertama. Pas dikasi air putih pake spout, seneng banget dia, megangin sendiri ampe sekujur baju ma bib-nya basah. Sorenya kusuapin lagi, sambil kucontohin aku makan juga, lumayan deh tiap sendok mendekat ke mulutnya dia langsung nganga. Lumayan…5 sendok masuk…

Sebenernya aga worry mulai MPASI Lana kemaren, karna badannya aga anget abis imunisasi DTP, Polio3, Hib2, HepatitisB3, alhamdulillah semua bisa simultan… Setelah coba tetap tenang dan rasional (lagi belajar jadi smart parents juga nich…) ukur suhu (udah sampe 38,2), kalo 38,5 mo kukasi Tempr*, kasi banyak cairan biar ga dehidrasi, coba berendem air hangat alhamdulillah malamnya udah 36,5 ga demam lagi

Tapi ada sedihnya niy…😦

Hari ini untuk pertama kalinya dalam 6 bulan masa menyusui Lanafarra, aku melewatkan waktu mompa😥 Aku bener2 sibuk akhir2 ini. Sejak ngalamin juga krisis ASI diusia Lana 3-4 bulan seperti banyak moms di AFB bilang, aku perbanyak frekuensi memompa jadi 4x dikantor. Walopun sering molor2 dikit, aku slalu sempetin untuk 4x mompa. Tiba hari ini, aku ga kuasa lagi pas liat jam udah jam 10.30 aku blom mompa juga… Sedih banget, inget janji dan komitmenku buat Lana. Tadi aku mompa jam 11 sambil nangis telpon nce, aku minta maaf. Huaaa…perjuanganku masih panjang, tapi kenapa sampai disini aku hampir kehilangan semangatku😥

Jadi inget perjuangan super duper berat untuk tetap ASIX di awal2 dulu. Aku cuma dikuatin sama dukungan besar dari suami, yang paling ‘berat’ harus ‘menjelaskan’ dan ‘membantah’ semua opini ortu dan sodara ttg ASIX. Baby blues yang melanda hampir 2 bulan setelah melahirkan. Anakku terkena breastmilk jaundice sampe lebih dari sebulan umurnya, aku kekeuh sumekeuh ASIX. Unpaid leave-ku yang ga di-approve sampe aku disuruh masuk kantor lebih awal padahal blom punya stok ASIP, blom ada yang bantuin kalo nanti Lana kutinggal sama mamaku, growth spurt yang bikin sport jantung, 3x ganti ART (yang terakhir baru semalem mendadak resign😦 ), 2 minggu kedepan mamapapaku pulkam-no ART fiuh… Tapi ga bisa cuti ditengah tumpukan kerjaan gini…Hmm..blajar terus struggle to life😎

Alhamdulillah dulu pas googling cari recommended BP, ketemu milis AFB langsung join, terasa banget here they are, this is my group, where I could find big supports to give exclusive breastfeeding for my sweet Lana.

Sip, I’m ready back to work dengan belajar banyak dari milis ini. Hmmm…dulu saking blank-nya aku ma suami pergi beli breastpump ninggalin Lana yang lagi tidur tanpa stok ASIP!😯

Akhirnya, aku akan belajar terus, semangatin diri terus biar bisa at lease target terdekat Lana lulus S2, semangat terus nularin ke org2 terdekat ttg kebaikan ASI, kasi ASIX dan jadi smart moms buat our luvly child.

Ngelewatin waktu mompa…Aku janji hanya hari ini…🙂

Special thanks for AFB, AIMI, Ayah, Lana, MamaPapa, Uwo, luvly sista, luvly friends, all

Lana, jadilah anak yang sehat, cerdas, selalu membanggakan dan membahagiakan hati, selalu dalam lindungan Allah SWT, Amin!


Actions

Information

Leave a Reply

