Aku ga mau perjuangan ASIX-ku gagal…

28 11 2008

Kemaren pulang kantor, kaget banget liat di freezer, stok ASIPku tinggal 7 botol @100ml😯

Padahal pagi kutinggal berangkat masih sekitar 10-11 botol dan kuturunin 6 botol ASIP untuk diminum bebe Lana hari itu (sebelum berangkat dan pulang sekitar magrib langsung kususuin).

Pas kutanya mamaku (bebe Lana kan tinggal dirumah sama mamaku, adeku, dan pembantu dirumah) jam brapa aja Lana mimiknya, ternyata Lana dikasi mimik setiap dia nangis. Kadang 1 jam skali, kadang 1,5 jam skali.

Padahal ku dah pesen dikasi mimik 2 jam skali aja, kalo diluar itu nangis mungkin pengen main atau ditimang2, kalo tetep nangis boleh dikasi sekitar 60ml-an. Tapi mamaku bilang Lana kalo ditinggal kerja aku dan nce ga mau diam, diajak main cuma tahan sebentar, abis itu nangis, susah banget didiemin, jadi ya dimimikin dia baru tenang hiks…

Padahal sekarang2 ini setelah sebulan masuk kerja, aku hanya bisa menghasilkan ASIP sekitar 400-500ml per hari. Jadi tekor banget niy…😥

Apalagi dari awal aku masuk kerja mama slalu nambah nurunin ASIP dari freezer ke kulkas bawah dari yang aku turunin. Kasian…takut kurang katanya. Awal aku turunin 5, mama kasi 6 botol sehari. Sekarang kuturunin 6 botol, mama kasi ke Lana bisa 7-9 botol sehari.

Tadi malem jam 19.30, 01.30 sama 04.00 pagi aku mompa lagi untuk kejar stok ASIPku. Rasanya sedih banget dech, dari stok aman ASIPku 25 botol sebelum cuti sekarang tinggal segitu. Kata mamaku, jangan dibatasin anak kalo mau mimik. Makin besar kan makin banyak minumnya.

Udah gitu pas kontrol bulan lalu DSAnya bilang Lana kurang kenaikan BBnya dari 750gr/ bln. So pas 4 bulan nanti udah bisa makan tambahan kata mama. Waaa…langsung merinding dengernya :sad: 

Mama dulu working mom (sekarang sudah pensiun) tapi masih sangat aktif dengan berbagai kegiatan setiap hari. Setelah aku titip anakku, mama otomatis hanya bisa beraktivitas wiken saja. Aku sedikit merasa mama kurang sayang pada Lana, tapi berulang kali mama bilang itu ga mungkin, mama sayang banget sama cucunya. Memang mama ngurus Lana sendiri (kadang dibantu adikku), pembantu hanya untuk nyuci (baju, botol, dll), siapin air mandi, mungkin ga ya mama terpaksa menjaga anakku?

Hiks.. aku merasa berat banget…padahal perjuangan ASIX tinggal 2 bulan lagi. Bagaimana nanti perjuanganku S1 dan S2 ASI untuk Lana… Aku takut hal ini bikin aku kepikiran dan ASIku jadi tambah seret. Gimana ya kasi pengertian ke mama, bahwa ASI saja sudah bisa 100% mencukupi kebutuhan bayi 0-6 bulan? Gimana ngejar biar stok ASIPku masuk level aman lagi?


Actions

Information

Leave a Reply

