HSE Conference 2008

11 06 2008

Dapet kesempatan ikut M&PC BU HSE Conference di Shanghai niy🙂

Udah ditawarin dari akhir tahun 2007, udah siapin semua dokumennya. Rencana pergi bareng si Bos sekitar bulan April. Ternyata akhir tahun ketauan, Bunda udah positif hamil hehe… Ga kepikiran juga siy, tapi orang kantor yang pada ribut, bisa ga tuh bumil pergi dinas ke LN. Kira-kira pas conference Bunda hamilnya udah 4m3w deh. Bunda bimbang juga berangkat atau engga, mikirin baby diperut juga secara perjalanan jauh kan ya. Cuba gugel dulu deh sama tanya-tanya moms di milis gimana baiknya😉

Dapet beberapa info, katanya batesnya kehamilan diatas 3 bulan sampe 8 bulan biasanya masih diperbolehkan terbang, naik plane maksutna😉 Pengen juga siy pergi, tanya ke regional dulu deh, secara daku kerja di Safety itu yang utama mesti diperhatiin ya ga hihi…

Baca di Guidance Note – Travel Guide sama CoC – Business Travel, kayaknya ga ada masalah expectant mother do the travel, since equipped with permit from the doctor. Coba tanya ke Regional HSE Advisor, katanya “Every expectant mother will have different experience during pregnancy, please discuss with the doctor about the travel plan and seek his or her advice”. Ok, I’ll check it. Then what… I got it, I’d obtained a clearance from my Obstetrician/Gynaecologist that it is safe for me to travel by air”.  Janjian deh sama dr. Nining buat bikinin suratnya, di Hermina Depok, diana praktek disana Sabtu pagi sampe sore sekalian konsul. Dapet urutan sekitar jam 3, eh sampe sana dokter Nining ada operasi jenggg nunggu akhirnya jam 7 malem baru masuk duh. Tapi alhamdulillah semua baik dan suratnya dah dibuatin sama dokternya.. Jadi dunks ke Shanghai yippie😀

Mule deh kumpulin info-info buat bumil yang bepergian ke LN, dapet info beberapa diantaranya:

Siapin baju hangat, kaos kaki, sepatu dan baju yang nyaman untuk diperjalanan, takutnya karena lagi berbadan dua, bawaannya pegel muluk hehe…

Nanti di pesawat minta duduk di aisle dan ditengah biar deket ke toilet, soalnya selama di pesawat harus banyak minum biar ga dehidrasi, so dipastiin juga bakal bol-bal toilet yak

Mule deh siap-siapin buat perjalanan ke Shanghai, rencana berangkat tanggal 21 pulang tanggal 26 April 2008. Perdokumentasian, kayak paspor mesti diperbarui niy, udah abis dari kapan tau. Karena ga ada rencana kemana-mana ga diperpanjang huehehehe… Apply visa ke China, pake recommendation letter dari HSE Manager yang di Shanghai, alhamdulillah beres dibantu temen kantor.. Bawa baju-baju hamil yang modis *halah tetep ga pengen keliatan banget hamil genduts hekekekek, so pasti dicocokin sama jilbab dan celana panjangnya, baju hangat, obat-obatan pribadi, peralatan mandi, peralatan sholat, cemilan kayak mie dan bubur instan, otameal, roti, dll. Soalnya dah dikasi tau sama kolega dari Singapur, di Shanghai banyak banget makanan yang mengandung b😉 jadi biar gampang nanti disana makan fastfood kayak KFC ato McD aja. Hmmm…

Ternyata oh ternyata, sekitar sebulan sebelum berangkat Bos-ku dapet musibah. Putri bungsunya meninggal dunia setelah sakit dan dirawat di RS sekitar 2 bulanan, duh… Gua dapet beritanya pas lagi nunggu dr. Nining di Hermina Depok😦  Langsung ngelayat pulang dari Depok. Sedih banget gua, secara gua tau banget perjuangan Bos gua ngobatin putri kecilnya melawan sakit infeksi saluran pernafasan. Tapi mungkin Sang Pencipta lebih sayang sama dede ya Bu. Semoga arwahnya diterima ditempat paling layak disisi Allah SWT. Semoga ananda bisa beristirahat dengan tenang dan bisa menyambut kedua ortunya di akhirat nanti. Amin ya rabbal ‘alamin

Jadinya ada perubahan, aku berangkat ke Shanghai sendiri, duh…gimana ya…Kan aku lagi hamil, baru pertama ke LN pas hamil, aga-aga gimana gitu. Tanya nce dan papamama semua support untuk berangkat. Bimbang lagi deh *higs… Di kantor juga ada kabar aku bakal pergi sama Lab Manager untuk gantiin bosku. Ya wes kalo ada temennya aku pede berangkat. Eh alhamdulillah seminggu sebelum berangkat si Bos dah masuk, dan blio bilang bisa berangkat ke Shanghai. Walopun ada masalah sama visa blio 2 hari sebelum berangkat akhirnya jadi juga kita janjian di Bandara Soeta hari Senin 21 April 2008 jam 6 pagi🙂

Day 1

Siap-siap berangkat pake kaos adem dilapis sama jaket biar ga kedinginan di plane ples pake flat shoes aja biar ga pegel. Dianter sama nce dan papa, janjian ketemu sama si Bos di airport. Duh koper lumayan berat niy, takut juga kalo banyak ngangkat-ngangkat, tapi alhamdulillah Bos mau membantu (ngangkatnya berdua maksutna hehe…) Sambil nunggu boarding CX718 sms ibu dan bapak mertua minta didoain selamat sampe tujuan. Oh ya pas check-in bikin clearance lagi soal pregnancy gua, tapi ga ribet siy. Cuma yang nyebelin jus kotak gua 10 botol diambil sama petugas terkait aturan liquid  ituh huh!

Sempet transit di Hongkong International Airport, wah airportnya besar dan sophisticated skaleee…Saking gedenya gatenya ada puluhan, itu aja kita mesti jalan jauuhhh banget ke gate 31 tempat pesawat ke Shanghai. Yah namanya jalan cepetnya bumil takut cepet-cepet, padahal waktu mefet😉 Coba-coba sms ke orang ruma nyampe lagi waaa senangnya. Udah gitu cowo-cowo HK bening2 bo’, berasa mandangin pemaen film Mandarin, puas dah gua😉 Repotna, pas minta seat yang di aisle dan deket toilet ke petugas check-in nya, pada kaga ngarti. Gila ya, modalnya cuma bahasa Mandarin tho’, Inggrisnya pun asal banget, repot dah. Ditambah pesawatnya delay sejam-an lagih. Hasilnya susya banget harus kasitau ke kolega yang ngurus pick-up nya di Shanghai kita telat datengnya😦 Eh kita barengan sama rombongan Indy Barends ma Indra Bekti niy kayana rombongan Ceriwis maw syuting di HK *halah, berita ga penting ehehekekeq

Sampe di Shanghai Pudong International Airport dah malam. Terbengong-bengong lagih gua, pada canggih-canggih amat ya airportna. Ngantri di Imigrasi juga lancar, alhamdulillah ga masalah. Sama kayak airport di HK, niy airport guede banged lokasinya. Buat menuju departure gate aja, turun dulu, jalan lagih, trus disambung sama naik kereta super cepat. Duh, gua ga sempet foto-foto disini, udah kebanyakan bengongnya *norak yah… Sampailah di pintu kedatangan, nyariin orang yang megang board nama gua dan si Bos. Aga-aga bingung deh, akhirnya ada bapak-bapak yang nyamperin kita pake bahasa Mandarin gituh. Pokona dia ngomong apa gituh, kayaknya nyalahin kita delay tapi ga ngasi kabar ah bodo ah, kaga ngarti daku😉 Dijemput naik Audi A6 *hehe norak lagi. Dijalan gw lagi-lagi terbengong bengong. Nah saat maw ngasitau hotel tujuan koq ya kayaknya susyaa banget…Kita sebut Howard Johnsons Plaza Hotel di jalan Jiu Jiang Rd pake bahasa Inggris kaga ngarti dia. Berapa kali dicoba ngomong pake English standar tetep aja tu Mister ga ngarti. Dia malah jawab pake Mandarin *halah*. Akhirnya diem-dieman, pada mikir kalik yeee…Gimana caranya ini biar nyambung komunikasi si penjemput dan si tamu😉 Kayaknya airportnya seperti Soeta yang dipinggiran kota. Jalanannya bertingkat gituh alias banyak jalan layang dan sepiiii banget. Takut juga niy kalo dibawa kemana gitu kita kan ga ngarti secara semua petunjuk arah pake huruf Mandarin hhhiiiiii…Berdoa supaya dilindungi Allah. Akhirnya si supir nelpon atasannya trus nyuruh kita ngomong keatasannya alamat hotel yang dituju. Hah…sama aja atasannya ngarti juga kaga, tapi akhirnya dia dapet clue dikit ooo Howard Johnsons tho’ hehe…Pas maw turun juga bingung, dia ngasi board yang ada formulirnya gituh, kita pikir minta bayaran, eh taunya cuma suruh tandatangan huahahaha…Maw ngasi uang tip ga ya, soale dapet info orang Chinese tersinggung kalo dikasi tip, tapi ko muka si Mister ngarep.com yah hukekekek😉

Sampe di hotel check-in, langsung disuguhin welcome letter dari Chief HSE Advisor, yang mengingatkan untuk mengetahui lokasi emergency exit, fire devices hehe teteup..hidup safety😉 Gua dapet kamar di lantai 18, bos gua di lantai 8. Pas liat kamarnya hehe cukup gede ajah, heibad bener niy privilegenya untuk peserta konferensinya. Room ratenya aja sekitar RMB1450net/ malam, 1IDR=0.000762298renminbi (China Yuan RMB). Nah itung aja deh tu hehe… Berhubung aku takut sendirian di lantai 18, dan bos aku juga masih suka kebangun inget anaknya, so kita mutusin joinan aja. Jadi gw happy, bos happy. Yang ga happy orang hotel kali ya, soale di hari beikutnya gua maen kekamar jatah gua di lantai 18 buat ngambilin souvenirnya huekekek..eh ada surat, nanya dimana keberadaan gua, apakah missing heuhehehe…dicariin rupanya gua😉 Tapi gua dah bilang ko sama panitianya, peace