Mengatur keuangan usaha dan rumah tangga

18 09 2007

Sepertinya dari dulu ini udah kepikiran sama aku tapi belom nemu solusi
konkritnya, karna aku suka jualan, kecil-kecilan siy, apa aja dari mulai
mlm, pakaian sampe pernah elektronik :wink: (saking kecilnya blum berani
iklanin onlen hehe…)
Walopun alhamdulillah pesanan ada aja setiap minggu, tapi kenapa sampe
sekarang koq hasilnya bisa dibilang tidak terlihat yah…
Dulu-dulu, aku bisa dibilang tidak pernah berhasil memisahkan antara
keuangan pribadiku sama uang bisnis, nah sekarang kebetulan pas aku baru
menikah nih, rasanya perlu membenahi manajemen keuangan bisnisku, aku
sharing tips trik dari Bundas di milis BiB… Soalnya takut juga kalo nanti malah uang dapur kepake buat bisnis ini itu kan berabe…
Sekalian ada tips & trik yang applicable…khususnya untuk bisnis yang masih kecil-kecilan, lumayan juga ilmunya nanti untuk ngembangin jadi bisnis ‘besar-besaran’ hehe…, insyaAllah

———-

Bunda Evi [evi.yosyarina@scxxx.com]

Kebiasaan kita yang ga disiplin dalam pembukuan adalah salah satu
sebab kenapa bisnis yang kita jalankan ga keliatan hasilnya. Aku dah
sering banget ngalmin yang kayak gitu. Ga disiplin dalam memisahkan
keuangan bisnis dan juga ga disiplin dalam pembukuan adalah faktor
terbesarnya. selain itu juga kita harus fokus dalam bisnis kita
seperti yang mbak eva bilang. Dulu aku tuh seperti toko kelontong apa
aja ada…mau kue kering,baju,asuransi,bahan,sewain mobil,anter jemput
barang semua ada…sampe aku akhirnya sadah bahwa aku tuh kudu fokus.
Alhamdulillah sekarang dah sedikit fokus dan yang lebih penting lagi
aku sekarang sudah disliplin di pembukuan bahkan dah pake software
accounting segala loh untuk mencatat untung ruginya walopun sebetulnya
Bund…pand, jujur duitnya tetep masih nyampur secara aku tuh masih
kekurangan modal alias modal masih ndompleng ama uang
belanja…tapiiii paling ga aku tau bahwa jualanku kemaren untungnya
sekian. walopun cuma di atas kertas tapi cukup bisa nambah semangat
kok. dan kita bisa liat bahwa hasil yang kemaren jualan ini itu ada
hasilnya…

———-

Bunda Ira Geraldina [geraldina_ira@yxxx.com]

Pengalamanku, karena bisnisku masih kecil banget, maka aku punya “dua dompet”.
Dompet 1 digunakan buat keperluan bisnis. Kalo dapet suntikan modal, ya aku taro di dompet 1 ini. Begitu pula kalo belanja keperluan bisnis ya diambil dari dompet 1 jg. Uang hasil penjualan jg aku masukan ke dompet 1. Jadi nantinya akan termonitor perkembangan atau bahkan penurunan modal bisnis kita. Lebih baik lagi kita punya catatan bisnis kita. Paling tidak ada buku kas (buat mencatat keluar-masuk uang bisnis), catatan hutang, dan catatan piutang.

Dompet 1 lagi buat keperluan rumah tangga. Setiap pemasukan dan pengeluaran buat keperluan rumah tangga dari dompet 2 ini. Semuanya akan berhasil kalo kita harus konsisten. Begitu mudahnya mba…

———-

Bunda Eva Rais [evarais@dxxx.com]

Tapiiii, kalo menurut pengalamanku apabila bisnisku tidak terlihat
keuntungannya biasanya disebabkan oleh ketidakdisiplinanku untuk menghitung
berapa modal sebenarnya yang aku keluarkan. Terkadang aku hanya menghitung
modal yang “keliatan” aja.Tapi sering ongkos transportasi, ongkos
komunikasi, dan printil-printilan kecil lainnya aku tidak masukkan ke dalam
modal tadi.. Terlalu banyak faktor “pengganggu” (hal-hal kecil) yang tidak
aku perhitungkan dari awal juga bisa menjadi keuntungan bisnisku tidak
ekntara.

Biasanya inilah yang terjadi, Buns..

Nah untuk menanggulangi hal ini aku akan kembali fokus kepada satu bidang
bisnis saja. Tak lain supaya aku lebih bisa berkonsentrasi mengurusnya dan
tidak tercampur antara keuangan bisnis satu dengan lain dan dengan keuangan
keluarga ku..

Mangkanya sampe saat ini pun, hanya satu bisnis utama yang aku tekuni..
Bisnis ku yang lain hanyalah penunjang dari bisnis utama itu dan aku
jalankan dengan modal yang sangat terbatas. Kalo akhir2 ini aku sedang
mencoba bisnis di bidang baru *twinktwink* tak lain hanyalah menjajal
kemampuanku di suatu bidang. Aku tidak akan total menginvestasikan uangku
disana.


Actions

Information

Leave a Reply

