Our First Reksadana(s)

13 01 2010

Yeaaa…akhirnya punya dan berhasil punya reksadana juga 🙂 

Hehe setelah kedatangan gua ke-4 kalinya ke agen penjual reksa dana (RD), pertama ke bankmandisendiri syariah, dan ampe ke-3x ke bank mandisendiri konvensional

Kenapa sampe ampe 4x dateng baru bisa berhasil beli?

Mungkin karna gua blum pengalaman, yang pasti pas dateng pertama ke bank yang syariah, ketemu CSnya mungkin masih training, coz ditanyain RD malah melongo, bingung, trus balik nanya, ibu perlu informasi apa nanti saya tanyain ke bagiannya, lahhh…

Disitu dapet info RDnya ada 2 jenis, lupa apa aja, pokonya start 100juta, ok, it’s not suitable for me as new-starter investor

Cari-cari info lagih, dapet di bankmandisendiri konvensional juga agen penjual RD dan disitu ada berbagai MI termasuk yang mengelola syariah punya.

Janjianlah sama CS bank itu yang paling deket ma kantor, kebetulan CSnya bapak-bapak yang kayaknya dah dapet penghargaan as CS teladan, dibuktiin dengan gayanya yang ngedadahin gua dengan melambaikan keduan tangannya pas gua baru masuk pintu bank, jiyaaa 😉 Ealah melambai tho’… xixixixi…

Beuh, kali ini pembukaannya panjang pisan. Dia ampe bilang seneng deh, punya nasabah yang udah aware sama investasi non-deposito dan tabungan. Saking antusiasnya ada gua nangkring di kursi tu CS ampir sejam, gubraks…temen gua yang nunggui ampe kelaperan berat jadinya errgghhh… Bagusnya ni bapak CS lengkap nian menjabarkan produk RDnya. Semua portofolio MI dia print-in buat gua, dia terangin atu-atu dari RD pendapatan tetap sampe saham. Ampe diana nyontohin akunnya sendiri yang dia tanem di RD pendapatan tetap. Yaaa lumayan dia invest 50juta dipertengahan November, dan di pertengahan Desember dapet bunga 2,5juta

Sebelnya lagi pas Pak CS nanya: ”Mba beli RD untuk apah?”

Gua: “Buat dana pendidikan anak gua sama dana pensiun suami gua”

Langsung deh jiwa agen asuransi unitlink-nya (catet: unitlink) keluar, doeennggg! Mule deh dia njelasin tu produk asuransi pendidikan, blah…blah…blah…

Hadeeehhh gua buru-buru niy, udah ngebet punya RD, halah udah kayak menyangkut hidup mati ajah hehe…

Padahal gua pengen nutup tahun 2009 kemaren dengan sakseis menuhin target investasi awal gua.

Tibalah saatnya…yang paling menyebalkan, pas gua udah desak terus: “Jadi gimana, saya bisa beli RDnya ga?”

Dijawab: “Bisa mba, mba mau yang berapa, 150 juta apa 250 juta?”

Gua: “Haaa…saya mah investor pemula Pak CS, baru belajar, banyak bener ampe ratusan jeti hikikikik 😉 Ada kan produk yang mulainya ratusan ribu sajah?”

Pak CS: “O_o ada Mba, tapi mahap, saat ini bursa sudah tutup, jadi sudah tidak ada transaksi.”

Gua: Plakk “Whoootttttt?” Grrhhhh…. *mangkel

Yaeyalah dah tutup dia nyeramahin gua dari sekitar jam 11 lewat sampe jam ½ 1an, innalillahi…Walhasil hari itu batal gua beli RD ya…

Gua niat balik lagi ke bank sejenis tapi yang deket rumah, pas sama gua cuti akhir taun, tu bank kan masih buka ½ hari, gua dateng lagi ke kali ini Ibu CS

Ini Ibu CS juga bingung pake form apa buat beli RD…Hadeehh ini CS-CS senior (kalo ga mau dibilang tuwir) ko kayak ga paham produk bank-nya ya ealah… dan karena udah mau tutup taun lagi-lagi dibilang sudah tidak ada transaksi, ihhh gua males dah beli RD, sebbelll 😦

Tapi setelah konsul sama Dhita, bunda Azka yang udah lumayan sering bela-beli RD as investasi, gua dikasi tau, kalo dibilang bursa dah tutup, minta aja CS-nya execute besok harinya, jadi kita ga bolbal ngurusin itu doang, duhhh benerrr, trims banget inponya sangat berguna Dhit 🙂

Pas cuti ada panggilan yang di Pulo Gadung, gua sempetin paginya mampir lagi di Ibu CS, masih inget dong ya sama gua hehehe 😉 Tapi ga ada tuh dia nerangin seperti yang diterangin si Bapak CS yang melambai, ahhh baik juga tu Bapak CS mau bagi ilmu dan inpo lumayan lengkap ma gua 😉 Masih aja ada yang kurang, niy Ibu CS kaga punya standing instruction form untuk installment plan ato pendebetan tiap bulan RD gua, alamakkk…cakeppp…yo wes itunya next time bu *sigh

Jadi deh gua udah punya 2 RD, satu RD campuran dan satu lagi saham. 2-2nya dikelas syariah (lagi-lagi ini preferensi gua aja, selama ada produk syariah, gua pake! Tapi kalo ga ada berarti kan kondisi darurat, bole yang konvensional dipake, hehe itu pandangan awam gua aja yak 😉 )

Nah, catetan sedikit soal RD seperti ini ya, beberapa juga hasil ngobrol sama temen yang udah duluan investasi di RD:

  • Agen Penjual RD : bisa bank atau Manajer Investasi langsung yang harus terdaftar sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana di Badan Pengawas Pasar Modal & Lembaga Keuangan (BAPEPAM-LK)

  •  Jenis RD (mutual fund) konvensional (biasa) ato ada RD terstruktur, terproteksi, dll. Cukuplah coba yang biasa dulu untuk new-starter kayak gua:

 

  • Reksa Dana Pasar Uang
  • Reksa Dana Pendapatan Tetap
  • Reksa Dana Saham
  • Reksa Dana Campuran

 

  • Manajer Investasi : pihak yang kegiatan usahanya mengelola portfolio efek untuk para nasabah atau mengelola portofolio investasi kolektif untuk sekelompok nasabah, kecuali perusahaan asuransi, dana pensiun, dan bank yang melakukan sendiri kegiatan usahanya berdasarkan perundang-undangan yang berlaku. Misalnya kalo pernah denger Danareksa Investment Management, Fortis Investments, Mandiri Manajemen Investasi, Manulife Aset Manajemen Indonesia, Schroder Investment Management Indonesia itu contoh MI-MI besar dan beberapa seperti Danareksa dan Mandiri itu milik pemerintah. Sebaiknya sebelum melakukan transaksi pembelian (subscription) RD, kita baca dulu prospektus RD yang diminati dan portofolio (kinerja) MI-nya.

 

  • Bank Kustodian : pihak yang memberikan jasa penitipan efek dan harta lain berkaitan dengan efek serta jasa lain, termasuk menerima deviden, bunga, dan hak lain, menyelesaikan transaksi efek, dan mewakili pemegang rekening yang menjadi nasabahnya.

 

  • Installment Plan : fasilitas ini memberikan kemudahan kepada nasabah, agar dapat membeli reksa dana (top up) secara berkala tanpa perlu melakukan transaksi pembelian (subscription) di Cabang. Rekening tabungan nasabah akan didebet (pada Hari Bursa) sesuai dengan jumlah dan tanggal yang telah ditentukan. Nah fasilitas ini bermanfaat buat investasi yang kayak gua perluin. Jadi gua bisa menghitung kalo nanti usia Lanafarra 4 tahun dan mau masuk playgroup yang uang pangkalnya 25juta, gua mesti subscription beli RD berapa, sisanya dicicil berapa per bulan biar nanti pas untuk masuk playgroup gituh. Inget ya, kita ga usah perhitungin dulu bunga, bagi hasil, NAB dan sebagainya. Fokus harus tetep untuk investasi sampe 4 tahun kedepan, gitu kata Dhita 😉

 

Inget : High Risk – High return >< Low Risk – Low Return

 

  • Diversifikasi investasi, ingat: ”Never put your eggs in one basket” . Nah sasaran selanjutnya logam mulia niy, siap-siap dulu ach 🙂

 

  •  Keuntungan investasi di RD: diversifikasi alias banyak macemnya, MI yang profesional, likuiditas yang tinggi (setiap saat nasabah/ investor dapat melakukan penjualan kembali (redemption) unit penyertaannya dan MI wajib membelinya kembali dan membayarkannya maksimal T+7 hari bursa), banyak pilihan dan fleksibilitas (baik itu reksa dana pasar uang, pendapatan tetap, saham atau campuran yang sesuai dengan kebutuhan nasabah/ investor, bisa juga dilakukan switching (pengalihan) dari satu reksa dana ke reksa dana lainnya, transparansi laporan keuangan serta laporan portofolio secara berkala, dan biaya rendah (misal biaya subscription tergantung dari MInya, ada MI yang free subscription fee, ada juga yang mengenakan 1-2.5% subscription fee)

Actions

Information

8 responses

16 01 2010
darina kamil

wah apa tuh invest 50juta bunganya 2,5juta dalam 1 bulan?? BBM ya mir.. hehe.. btw RD saham suamiku udah abis installment plan nya bulan ini. Untungnya 200ribuan dari total invest 500rb sebulan selama 6 bulan. hmm.. gmn mnrt lo say?

28 01 2010
lanaline

Hihi…as I told you Ti, karna gua ga belajar formal di dunia FP-an ini, yan jadti trial-error person sajah hehe…Makanya I do need sharing with you and other mommies 🙂

18 01 2010
Bundanya Dita

Wuiih..Bunda satu ini gesit banget deh soal investasi 🙂 . Thanks infonya Bun. Oneday saya juga mau menyempatkan diri nih ke Bank soal Reksadana. Tp sebelumnya emang kudu rajin baca2 ttg Reksadana dulu ya 🙂

28 01 2010
lanaline

Masih belajar juga Bun, ayo dong dicoba, nanti kita sharing bareng soal investasi ya

12 02 2010
Cicha MamaShaina

waduh berat nih postingan lo Mir.
Pengen juga sih belajar beginian, kalau i’m ready, jangan bosen gw tanya2in yaa.. 🙂

nice info btw, walau cukup memusingkan buat gw yang bodoh urusan beginan. Bukan ga peduli, tapi belon memulai.. Ya jatohnya bodoh juga kan? haha

tar deh pelan2 gw belajarnya.

1 03 2010
lanaline

Sipp, mamaShai…
Aku juga masih belajar, mari kita sama-sama belajar 🙂

Hehe kelamaan ya balesnya, ga sempet buka blog euy 🙂

10 03 2010
zhoi

salam kenal buat Lanaline
sekedar berbagi,
kebetulan saya ikutan di portalreksadana dan banyak informasi menarik terkait reksadana.
lalu akibat keisengan saya terhadap excel, saya coba2 bikin spreadsheet untuk simulasi reksadana untuk perencanaan pendidikan anak.
Jadi ijinkan saya berbagi link komen saya di portalreksadana:
http://portalreksadana.com/node/214#comment-7264

trus kalo mau langsung download spreadsheet excel saya ada di:
http://www.ziddu.com/download/8875032/SkoLaPlanV10rev0803.xls.html

Begitu aja dulu dhe…
Salam sukses buat LanaLine

Wass

Zhoi

12 03 2010
Indah Kurniawaty

Mir,
Gw tau CS Officer Mandiri jababeka gendut, berkecemete, ex-CSC teladan itu. Hayyah…ngelayanin gw ganti buku tabungan karena ilang aja, tuh Surat Kepolisian gw diilangin sama dia.
Gw tadi tanya ke Mbak CSO yang jilbaban di deket pintu. Emang gak mental sales sih, buktinya galak! heu heu…makanya gw pengen baca bener2 dulu dan sharing sama Alvaromom yang udah beli di Commowealth buat perbandingan sebelum mutusin ke Commonwealth apa mandiri. Tapi gw sreg di Mandiri sih secara gak perlu buka tabungan lagi…